Ecommerce (tgs5)

1. Mengapa Browser begitu penting dalam E-Comerce/E- Business sehingga
Pemerintah Amerika Serikat sampai terlibat ke dalam kasus Microsoft vs
Netscape?

Sebelumnya kita harus mengikuti mengenai perkembangan Microsoft dan Netscape. Microsoft berharap untuk dapat mempertahankan dominasi pasar atas para saingannnya yang berbasis open source seperti Mozilla Firefox atau Opera web browser. Netscape Navigator yang pernah begitu dominan dengan memiliki pangsa pasar 89,36% dari semua web browser pada tahun 1996 namun hanya 3,76% pada pertengahan tahun 1999.
Orang-orang sering berpikir bahwa Internet Explorer begitu dominan sebagai web browser sejak masa keemasan dari internet. Untuk jangka waktu yang cukup lama, Internet Explorer (IE) merupakan browser paling populer dan hampir tidak memiliki lawan yang berarti. IE merupakan paket gratis yang diberikan oleh Microsoft Windows. Beberapa tahun terakhir telah hadir browser baru, yang mungkin akan menjadi browser unggulan. Mozilla Firefox telah berhasil menghancurkan dominasi pasar dari Internet Explorer.
Sebenarnya mereka tidak memiliki dominasi sebesar itu, tetapi hampir mendekati saja. Microsoft sebenarnya sangat terlambat masuk ke persaingan browser. Faktanya bahwa seorang bernama Neil Larson merupakan penggagas atau pencipta internet browser, pada 1977 dia membuat program – The TRS-80 – yang memungkinkan browsing antar “situs” melalui lompatan-lompatan hypertext (hypertext jumps). Ini merupakan program DOS dan dasar dari banyak hal yang akan datang. Perlahan browser lain yang didukung oleh DOS dan terinspirasi oleh TRS 80 berkembang. Sayangnya mereka sering terhambat oleh keterbatasan dari internet itu sendiri.
Pada 1988, Peter Scott dan Earle Fogel membuat yang lebih sederhana, browser cepat yang disebut Hytelnet, yang mana pada 1990 memberikan layanan akses logon instan ke katalog online lebih dari lima ribu perpustakaan di seluruh dunia.
Pada tahun 1989 World Wide Web awal telah lahir. Menggunakan komputer NeXTcube, Tim Berners-Lee membuat sebuah browser web yang akan mengubah cara orang menggunakan internet selamanya. Mereka menyebutnya WorldWideWeb (http://www., Yang mungkin masih biasa didengar oleh pengguna internet hari ini. Merupakan sebuah jendela wed browser yang mampu menampilkan gaya sederhana, mampu dan dapat mengedit situs untuk mendownload dan membuka jenis file apa saja yang didukung oleh NeXTcube.
Mosaic menyatakan mereka dirilis hampir sama waktunya dengan Netscape Navigator (1994). Netscape Navigator adalah browser yang dibuat oleh Marc Andreessen, salah satu orang di belakang Musaic dan pendiri Netscape Communications Corporation. Netscape tidak ada yang dapat menandingi dari segi fitur dan kegunaan pada saat itu. Tahun 1996 Netscape telah hampir memiliki 90% dominasi pasar, seperti yang ditunjukkan di bawah ini.
Perbandingan Pangsa Pasar Netscape Navigator dan Internet Explorer dari 1996 ke 1998
Netscape IE
October 1998 64% 32.2%
April 1998 70% 22.7%
October 1997 59.67% 15.13%
April 1997 81.13% 12.13%
October 1996 80.45% 12.18%
April 1996 86.36% 3.76%
Dalam dua tahun ini Netscape jelas mendominasi pasar internet browser, tetapi browser baru bernama Internet Explorer dengan cepat mulai ditelan bumi.
Microsoft merilis browser mereka sendiri (ironiknya browser ini berbasis browser Musaic yang dibuat oleh oran yang sekarang bekerja di Netscape), jelas mereka khawatir dengan dominasi Netscape. Ia tidak banyak mengkhawatirkan bahwa mereka akan memiliki 100% pangsa pasar internet browser di sistem operasi Windows mereka, tetapi yang lebih mereka khawatir bahwa browser akan segera mampu berjalan pada semua jenis program. Yang berarti semua sistem operasi bisa menjalankannya, karena hanya memerlukan apliksasi dasar saja. Hal ini berarti pada gilirannya Netscape akan segera dapat mendikte persyaratan untuk Microsoft, dan Microsoft tidak akan membiarkan hal itu terjadi dengan mudah. Dengan demikian pada Agustus 1995, Internet Explorer dirilis.
Pada tahun 1999 Internet Explorer telah meraup 89,03% pangsa pasar, sedangkan Netscape turun sebesar 10,47%.Bagaimana Internet Explorer bisa kembali naik hanya dalam dua tahun? Terdapat dua penyebab utama. Pertama, Microsoft menggabungkan Internet Explorer dalam setiap salinan Windows baru, dan Windows telah digunakan oleh sekitar 90% komputer yang digunakan masyarakat, ini jelas memberikan keuntungan besar bagi mereka. Internet Explorer memiliki satu lagi kelebihan dari pada Netscape – yaitu jauh lebih baik. Netscape Navigator tidak berkembang untuk beberapa waktu. Satu-satunya fitur baru adalah satu fasilitas yang dirasakan lebih menguntungkan perusahaannya daripada penggunanya. Explorer, di sisi lain, banyak perhatian diberikan oleh Microsoft. Pembaruan dan kegunaan yang sangat baik ditambah investasi ratus juta dolar Netscape Explorer sulit bersaing.
Pada saat itu pula segala kegitan bisnis yang turut pula memegang peranan penting dalam keuangan Negara, ikut masuk dalam bisnis di internet atau yang biasa kita dengar dengan istilah e commerce atatu e business. Sebuah kegiatan bisnis yang dilakukan dalam internet. Masalah tidak hanya semudah itu. Banyak orang sudah menjalankan kegiatan bisnisnya dan menginvestasikan banyak uangnya dalam bisnis tersebut. Maka pada saat ada persaingan di antar kedua perusahaan raksasa tersebut, pemerintah pun ikut turun tangan untuk menyelesaikannya, mengingat perekonomian Amerika Serikat brada di bawah bayang-bayang Microsoft dan Netscape.

Sumber:
http://www.tubagusakses.net/the-battle-of-the-browsers-%E2%80%93-cerita-dan-masa-depan-browser-internet-bagian-i/
http://www.adisumaryadi.web.id/tulisan/detail/2/52/revolusi-bisnis-internet-studi-kasus-microsoft-vs-google.html
Video : www.youtube.com  discovery science : Microsoft vs Netscape



2. Mengapa terjadi dotcom bubble burst di tahun 2000an?

World wide web pertama kali menemukan bentuknya di November 1990. Hingga tahun 1993, jaringan internet berkembang demikian pesatnya. Perkembangan jaringan internet up to 341,000%
Layanan yang internet kala itu masih berkisar diantara static website yang saling dihubungkan dengan hyperlink. Umumnya website berformat “brosur online” – website yang menyampaikan informasi satu arah – umumnya berbentuk profile, portal berita, toko online, layanan email, dll. Web kala itu dihuni oleh website-website yang di desain menggunakan table dan flash.
Tahun 1998, Google berdiri dan internet menjadi semakin mudah untuk dijamah. di kala itu potensi website dengan format portal berita dan toko online (seperti amazon.com) di lirik besar-besaran oleh investor. Di US, dana jutaan dollar diinvestasikan untuk masuk ke bidang online yang sayangnya, tidak semua website dengan modal jutaan dollar tadi dapat menghasilkan. Pada pertengahan 2000, gelembungan dana (bubble) yang masuk ke internet pecah (burst) juga. Dana yang masuk tidak berputar kembali menjadi keuntungan.
Banyak perusahaan online tumbang di masa DotCom Bubble burst, namun banyak juga yang bertahan. Google, Yahoo, Amazon dan eBay adalah beberapa diantaranya. Kehancuran selalu menyisakan pemain berkualitas yang bertahan. Dari keruntuhan DotCom Bubble burst tersebut, wajah world wide web perlahan mulai berubah.
Sumber:
http://bloggingly.com/era-perkembangan-internet-web-10-bubble-burst-web-20-web-30/
http:// detik.com/showthread.php?t=109844
Video : www.youtube.com  discovery science : buble burst

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 komentar:

Posting Komentar