TCO koneksi Internet Broadband

Total Cost of Ownership (TCO)
pada Produk Koneksi Internet Broadband.

Berikut adalah penjabaran mengenai Total Cost of Ownership pada beberapa produk koneksi internet broadband. Yang pertama akan dibahas adalah Speedy. Speedy adalah produk layanan internet access end-to-end dari PT. TELKOM dengan basis teknologi Asymetric Digital Subscriber Line (ADSL), yang dapat menyalurkan data dan suara secara simultan melalui satu saluran telepon biasa dengan kecepatan yang dijaminkan sesuai dengan paket layanan yang diluncurkan dari modem sampai BRAS (Broadband Remote Access Server). ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line) adalah suatu teknologi modem yang bekerja pada frekuensi antara 34 kHz sampai 1104 kHz. Inilah penyebab utama perbedaan kecepatan transfer data antara modem ADSL dengan modem konvensional (yang bekerja pada frekuensi di bawah 4 kHz). Keuntungan ADSL adalah memberikan kemampuan akses internet berkecepatan tinggi dan suara/fax secara simultan. Tidak semua jaringan telepon dapat digunakan untuk layanan Speedy.
Pada penggunaan koneksi internet, kita sering mendengar kata downstream dan upstream. Downstream adalah kecepatan aliran data ketika pelanggan melakukan download dengan maksimum kecepatan sampai dengan ADSL Connection Speednya (384/512 Kbps). Sedangkan Upstream adalah kecepatan aliran data ketika pelanggan melakukan upload dengan maksimum kecepatan sampai dengan 64 Kbps.
Berikut adalah standar minimal spesifikasi teknis komputer (minimum requirement) untuk penggunaan Speedy:
a. Pentium II Processor
b. Ram 64 MB
Speedy sebagai solusi kebutuhan akses internet, akan mendapatkan layanan dari TELKOM sbb :
1. Instalasi spliter di customer premises (sisi rumah pelanggan)
2. Garansi Kecepatan Akses Internet sampai dengan Broadband RAS
3. Line Akses Broadband sesuai dengan jenis layanan
4. Akses Internet melalui ISP TELKOMNET
Modem ADSL banyak dijual di pasaran, dengan variasi harga dari sekitar Rp 600 ribu sampai dengan Rp 3 juta.
Berikut adalah beberapa cara untuk mendapatkan modem ADSL yang baik : Apakah modem tersebut digunakan untuk beberapa PC atau hanya satu PC. Jika untuk satu PC cukup modem dengan 1 port USB dan atau 1 port ethernet, tetapi apabila akan digunakan untuk beberapa PC maka bisa digunakan modem yang dilengkapi dengan beberapa port ethernet (berfungsi sebagai hub). Berikutnya, menggunakan modem yang compatible dengan sistem operasi dari PC , seperti Windows atau Linux. Dari pengalaman di lapangan ada beberapa jenis modem USB yang tidak compatible dengan Windows 98 atau Windows 2000. Terakhir, bila memiliki dana yang cukup, lebih baik menggunakan modem yang memiliki kemampuan setting melalui web karena dapat dioperasikan dengan berbagai jenis sistem operasi dan browser serta mudah dalam pengoperasiannya.
Berikut ini adalah cara untuk menghitung usage Speedy:
1. Ketika pelanggan login/menyalakan modem (untuk modem router), billing system akan mencatat user id yang digunakan, waktu start session dan IP Address yang diberikan.
2. Ketika pelanggan logout/mematikan modem (untuk modem router), billing system akan mencatat user id yang digunakan, waktu stop session dan jumlah usage (upload dan download).
3. Billing system akan mengirimkan data lengkap session pelanggan ini (setelah pelanggan logout) ke data base di Plasa.com untuk dapat dilihat oleh pelanggan. Proses pengiriman data dilakukan setiap 10 menit.
4. Setelah satu bulan, seluruh data pemakaian per pelanggan diakumulasikan untuk diproses tagihannya.

TELKOMNet Instan merupakan layanan akses internet dial-up secara mudah tanpa berlangganan (instan) dengan konsep layanan yang mudah dan sederhana. PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA, Tbk (TELKOM) telah menghadirkan layanan Telkomnet Instan bagi Netters (pengguna Internet) Indonesia. Praktis, ekonomis, cepat, dan ada dimana-mana di lebih dari 1.050 kota Kabupaten dan Kecamatan di Indonesia. Beberapa keunggulan dari telkomnet ini adalah hanya terdiri dari satu nomor yang dapat diakses di seluruh Indonesia (0809-8-9999). Menggunakan protokol modem V.90 yang mampu memberikan akses Internet dengan kecepatan modem 56 Kbps dan terakhir adalah bebas congesti.
Tarif TELKOMNet Instan adalah Rp 165,-/menit, sudah termasuk biaya akses internet dan pulsa local.
• Ekonomis : Tidak perlu mengeluarkan biaya pendaftaran dan biaya bulanan. Anda hanya dikenakan tagihan Internet jika menggunakannya.
• Cepat : Didukung oleh akses 56Kbps protokol V.90, backbone TELKOMNet dan gateway asimetrik yang sangat sesuai dengan sifat Internet di Indonesia.
• Lengkap : disediakan Email Nasional gratis, berbasis web 10 MBytes serta berbasis POP3 4 MBytes (dengan domain telkom.net, layanan POP3 telkom.net hanya bisa diakses dari jaringan/network Telkom/Telkomnet Instan).
• Ada di mana-mana : Saat ini Telkomnet Instan telah hadir di 1.050 Kabupaten dan Kotamadya di seluruh Indonesia. Anda juga dapat melihat melihat peta Cakupan Telkomnet Instan di seluruh Indonesia di sini.

Indosat mengeluarkan paket akses internet 3G unlimited, sepertinya itu diikuti dengan penyediaan paket unlimited serupa di bawah bendera Indosat Mega Media (IM2), meskipun dengan pilihan paket yang berbeda dengan harga paket berkisar dari yang paling murah Rp160 ribu sampai dengan Rp900 ribu per bulannya. Sama seperti Indosat 3.5G Broadband unlimited, metode pembayarannya adalah postpaid atau pascabayar. IM2 kembali mengeluarkan paket akses 3G unlimited namun dengan sistem prepaid atau prabayar dengan nama produk IM2 Broom Unlimited.
Paket Broom Prepaid 3.5G yang disediakan oleh IM2 sendiri ada dua yaitu Classic (penghitungan berdasarkan volume) dan Unlimited. Pemilihan paket ini dilakukan ketika melakukan aktivasi kartu perdana melalui website IM2. Yang menarik dari IM2 Broom Unlimited adalah karena prabayar maka calon pengguna cukup membeli kartu perdana dan langsung dapat menggunakan tanpa perlu dokumen tertentu sebagai persyaratan registrasi dan proses survey yang memakan waktu harian.
Mengenai harga, kartu perdana IM2 Broom Unlimited dibandrol dengan harga Rp150 ribu. Untuk pilihan paket unlimited, harga kartu perdana ini sudah termasuk akses untuk sebulan ke depan. Setelah masa aktif sebulan habis dan ingin melanjutkan, maka perlu diisi ulang dengan harga Rp100 ribu untuk masa satu bulan berikutnya.
Dari ulasan mengenai beberapa koneksi internet, dapat diketahui bahwa terdapat 2 cara koneksi internet. Bisa wireless ataupun wired. Wireless adalah koneksi internet tanpa kabel, sedangkan wired adalah dengan kabel. Untuk penggunaannya sendiri, koneksi internet dengan kabel cenderung lebih mahal namun bisa browsing dengan cepat, sedangkan untuk wireless, koneksi internet akan terjadi dengan sedikit lebih lambat, tapi disisi lain memiliki keuntungan, yaitu harganya lebih murah. Saya sebagai mahasiswa, lebih memilih koneksi internet dengan wireless. Karena walaupun koneksi agak sedikit lebih lama, namun bila dilihat dari segi harga yang lebih murah, dan segi kepraktisan, yaitu tanpa kabel (sehingga mudah untuk dibawa keman-mana), maka akan jauh lebih menguntungkan koneksi internet wireless. Sedangkan bagi mereka yang sehari-harinya bisa diam di rumah atau malah malas bepergian sambil membawa laptop dan perangkatnya, akan cenderung memilih wired.

Beberapa materi disadur dari: (dengan pengubahan seperlunya):
http://www.kompas.com
http://maseko.com/2008/10/19/akses-internet-3g-im2-broom-unlimited-prabayar/
http://speedytutorial.blog.plasa.com/

http://www.telkom.co.id/produk-layanan/personal/internet/telkomnet-instan

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 komentar:

Posting Komentar